Depan | Buku Tamu | Tentang Kami | Info Iklan | Berita | Kamus Perkapalan | Hubungi Kami |
ZONA ANGGOTA
 
Login Zona Anggota !
Daftar Zona Anggota !
 
10 Anggota Terbaru
Sandra Lehmann
  MEGA LANGGENG UTAMA
Fiona Yap
  MV VOYAGER
EDY PURWANTO
  CV.ALFARIA
Hassan Karim
  PREMIER INTERNATIONAL
Iwan Marines Lie
  PT. TANJUNG PERKASA
Eddy Noer Seto
  CV,MAJU BANGKIT
Sony
  PT. VINICI INTI LINES
Joyce Lisa
  PT LOGINDO SAMUDRAMAKMUR
David Jackson
  PT BUDI MULIA BAHTERA SANTOSA
Rumantiyo
  PT.ARKANANTA INDONESIA
Mari bergabung dengan 3600 anggota lainnya.
 
 
KATEGORI IKLAN
 
Untitled Document
Bulk Carrier Ship
Cargo Offer
Container Ship
Crews Market
Engine and Spareparts
General Cargo Ship
Jet Ski
Kanoe and Kayak
Navigation Systems
Speed Boat
Tanker
Tug Boat and Barge
Wanted
Wood Ship
Yacht and Fishing Boat
 
     
INFORMASI STATISTIK
 
Pengunjung situs ini :
 
BUKU TAMU
 
Fivil Ocwantianus
  thank you for all information..
Wicaksono
  terima kasih di ijin kan untuk bergabung, semoga akan banyak memberikan manfaat terutama bertambahnya pertemanan . salam. sukses selalu untuk semuanya...
Fivil Ocwantianus
  we are the tugbarge agency, provide tugboat & barge ship charter, 230 - 300 feet, time charter/freight charter, commercial contact : wa/sms : 6281317018890, thetugbargeagency@yahoo.com...
  lihat komentar lain..
 
 


Setting Terbaik
I.E v6.x dan Firefox v1.5
1024 x 800

 
 
28 Sep 2015
  Segitiga Bermuda Indonesia Di Masalembo
27 Sep 2015
  Redaksi Indonesianship- Aktif Kembali
18 Mei 2015
  Prakiraan Cuaca Untuk Pelayaran
11 Mei 2015
  NEW PRIOK: 12.000 Tiang Pancang Terpasang
07 Mei 2015
  Jonan Luncurkan Pelayaran Tol Laut Pertama
04 Mei 2015
  Kapal Kargo Jelajahi Lautan Tanpa Awak
27 Apr 2015
  Upload Foto
20 Apr 2015
  Industri Galangan Kapal Polandia Siap Bangun Kemaritiman Indonesia
15 Apr 2015
  Harga Minyak Naik Moderat Setelah Minggu Lalu Menguat
10 Apr 2015
  Harga Minyak Dunia Rebound Dari Penurunan Curam
 
   
BERITA
05 Okt 2010
MENGENDALIKAN RAKSASA LAUT  

Hampir setiap tahun berita tentang kandasnya sebuah tanker, atau peristiwa tabrakan antar Tanker. Atau sebuah Tanker menghajar lumat sebuah kapal biasa. Peristiwa dan petaka Tanker menghajar lumat sebuah kapal biasa. Peristiwa dan petaka Tanker muncul diantara peristiwa dan petaka laut lainnya. Petaka laut terlalu sering terjadi. Kecuali memakan korban jiwa, juga menelan korban harta benda.

Petaka akibat Tanker lebih seru lagi. Kecuali kemungkinan menelan korban jiwa, Tanker yang sarat dengan muatan minyak akan sangat membahayakan kehidupan laut dan mencemari pantai. Polusi. Bayangkan saja, minyak yang jumlahnya ribuan ton itu terhambur ke laut dan sampai ke pantai. Kalau sudah terjadi minyak tertumpah, tidak mungkin diatasi lagi. Hanya tinggal melihat akibatnya saja. Manusia sudah tidak akan berdaya membersihkan tumpahan minyak yang teramat banyak itu.

Ancaman pencemaran akibat kandasnya sebuah Tanker semakin lama semakin terasa. Bahaya tabrakan Tanker masih akan selalu ada. Ancaman dan bahaya tersebut juga disebabkan semakin ramainya dunia perdagangan minyak. Jumlah Tanker selalu bertambah. Semakin hari semakin membengkak. Ukuran dan kecepatannya selalu meningkat. Coba perhatikan gambar di atas.

Tanker tahun 1940 berat total ’hanya’ 16.000 ton. Berat itu termasuk berat kapal, muatan dan perbekalan. Pada tahun 1960 ukuran dan kecepatan Tanker semakin meningkat. Dan Tanker 1980 semakin gila. Berat total mencapai 500.000 ton! Atau 31 kali ukuran Tanker 1940.

Mengendalikan Tanker seukuran itu jelaslah tidak mudah. Lengah atau salah perhitungan sedikit saja, ’raksasa terapung’ ini bisa mendatangkan bencana. Bisa bertubrukan dengan kapal lain, atau kandas tanpa bisa berkutit lagi. Namun dengan berbarengan dengan meningkatnya kualitas serta kualitas tanker cara pengaman dan penyelamatan. Cara serta metode pengendalian selalu dikembangkan, agar pelayaran (walau tidak pernah pakai layar), th 1950 US Merchan Marine Academy di New York telah melakukan eksperimen yang menyangkut peningkatan keperluan peralatan, serta pengaruh kejiwaan terhadap penangan peralatan pada sebuah Tanker. Bekerjasama dengan National Maritime Riset. Dengan menggunakan komputer mutakhir telah diuji sampai seberapa jauh awak Tanker mampu mengoperasikan peralatan. Penyelidikan dan penelitian yang diadakan juga bertujuan untuk menyempurnakan peralatan Tanker, juga menyempurnakan alat-alatnya.

Dalam eksperimen itu didemonstrasikan Computer Controled Projector yang bisa menghidangkan panorama raksasa pada sebuah layar yang raksasa. Gambar yang dipancarkan sangat jelas dan bersih. Juga sebuah video raksasa yang dikontrol. Dengan peralatan itu gerakan sebuah Tanker bisa dilihat dan dikontrol. Gerakan setiap saat dapat diketahui dan diikuti. Situasi laut atau pelabuhan dapat dilihat dengan jelas. Bahkan keadaan cuaca siang hari atau malam hari sudah bisa diketahui. Kapal-kapal lain yang ada disekitarnya bisa diketahui dengan jelas. Itu semua bertujuan agar jangan sampai terjadi tabrakan.

Untuk menjaga agar tidak terjadi kecelakaan akibat kelengahan atau kealpaan, seorang awak Tanker, maka kejiwaan awak dipelajari dan diteliti. Sementara awak bekerja, ada peralatan yang memonitor aktivitasnya. Dan kamera tv merekam aktivitasnya. Kemudian aktivitasnya diolah oleh komputer, dan dengan ini seorang Psycholog bisa menentukan seorang awak Tanker cukup fit mampu menangani alat atau harus diganti atau perlu istirahat. Kejiwaan awak sangat mempengaruhi kerja awak, terutama bila menghadapi keadaan darurat.

Kecelakaan Tanker paling sering terjadi diambang pelabuhan. Dimana beberapa kapal saling berbarengan mendekati pelabuhan. Disinilah kecelakaan terjadi. Tanker bertabrakan. Atau terjadi ketika Tanker harus memasuki jalur pelayaran yang sempit.

Dengan berbagai penelitian dan penyempurnaan peralatan Tanker maka diharapkan pelayaran akan selamat. Perusahaan pemilik atau penyewa Tanker akan terbebas dari kerugian besar. Laut dan segala isinya serta pantai dengan segala penghuninya, bebas dari pencemaran.

Sampai abad 19 awal pelayaran selalu mengandalkan pada pelayaran. Angin adalah sumber tenaga utama. Keperkasaan armada niaga tergantung pada banyaknya layar, masih sangat tergantung pada angin. Kegiatan armada niaga ini memuncak pada tahun 1870 tetapi 40 tahun kemudian kapal niaga sudah mengandalkan batu bara sebagai sumber tenaga utama. Munculah kapal uap yang tidak terlalu menggantungkan lagi pada angin. Tahun 1950 kapal sudah mengandalkan pada minyak sebagai sumber tenaga. Bagaimana dengan tahun 2000, Apakah masih akan mengandalkan kepada minyak? Atau ada sumber tenaga lain yang bisa menggantikan minyak.

Menjelang akhir abad 20 ini dunia berpekik tentang krisis energi. Persediaan minyak sebagai sumber energi sudah diambang titik krisis. Akan segera habis bila tidak ada upaya penghematan. Penemuan sumber baru tidak seimbang dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan pemborosan. Bergeloralah pekik penghematan energi.

Sementara pekikan peringatan itu semakin seru, orang pun berpaling ke masa silam. Kapal layar dulu hanya mengandalkan kepada angin. Toh bisa berjalan dengan lancar. Angin tidak akan habis. Mengapa tidak kembali ke angin? Dalam rangka penghematan energi beberapa pelaut. Beberapa pelaut mulai berpaling kepada layar. Layar sebagai penggerak laju kapal sudah sepantasnya dihidupkan lagi. Kalu zaman dahulu peranan layar digeser oleh murahnya harga minyak. Kini berfikir untuk menghidupkan fungsi layar. Layar sebagai sumber penggerak. Angin tidak akan pernah habis. Lagipula tidak ada polusi atau pencemaran.

Penggunaan layar kembali bukan berarti menyampingkan fungsi peralatan modern. Dalam rangka penghematan energi maka akan diterapkan penggabungan antara penggunaan layar dan peralatan modern. Kalau dulu kapal layar memerlukan awak kapal dalam jumlah banyak, bisa mencapai seratus orang maka dengan peralatan modern jumlah itu bisa diperkecil. Bahan layar juga disempurnakan. Kalau dulu dari bahan katun biasa, kini layar dibuat dari bahan sintetis yang lebih halus tetapi lebih kuat menghadapi angin, dan tahan lama. Lambung kapal layar dulu sering dipenuhi biotalaut – yang tentu saja sedikit menghambat lajunya kapal, kini lambung kapal dicat dengan bahan yang sanggup memberantas biotalaut.

Sumber Berita: Dari berbagai sumber


     
 
 
 
27 Apr 2015
  CARGO FOR SCRAP
23 Apr 2015
  DIJUAL CEPAT KAPAL CONTAINER TH
22 Apr 2015
  TUGBARGE CHARTER OFFER
22 Apr 2015
  DIJUAL CONTAINER VESSEL TH 1985
22 Apr 2015
  DIJUAL TK 300
22 Apr 2015
  DIJUAT KAPAL MOTOR TANKER 1400 T
22 Apr 2015
  JUAL KAPAL MOTOR TANKER 1400T
18 Apr 2015
  CARS,TRAILER CARRIER‏ LOA 155 MR041815YR FOR SALE
17 Apr 2015
  SUPPLIER SOLAR HSD DAN MFO
15 Apr 2015
  DIJUAL TUGBOAT 1032 HP X 2 - BARU