Depan | Buku Tamu | Tentang Kami | Info Iklan | Berita | Kamus Perkapalan | Hubungi Kami |
ZONA ANGGOTA
 
Login Zona Anggota !
Daftar Zona Anggota !
 
10 Anggota Terbaru
Sandra Lehmann
  MEGA LANGGENG UTAMA
Fiona Yap
  MV VOYAGER
EDY PURWANTO
  CV.ALFARIA
Hassan Karim
  PREMIER INTERNATIONAL
Iwan Marines Lie
  PT. TANJUNG PERKASA
Eddy Noer Seto
  CV,MAJU BANGKIT
Sony
  PT. VINICI INTI LINES
Joyce Lisa
  PT LOGINDO SAMUDRAMAKMUR
David Jackson
  PT BUDI MULIA BAHTERA SANTOSA
Rumantiyo
  PT.ARKANANTA INDONESIA
Mari bergabung dengan 3600 anggota lainnya.
 
 
KATEGORI IKLAN
 
Untitled Document
Bulk Carrier Ship
Cargo Offer
Container Ship
Crews Market
Engine and Spareparts
General Cargo Ship
Jet Ski
Kanoe and Kayak
Navigation Systems
Speed Boat
Tanker
Tug Boat and Barge
Wanted
Wood Ship
Yacht and Fishing Boat
 
     
INFORMASI STATISTIK
 
Pengunjung situs ini :
 
BUKU TAMU
 
Fivil Ocwantianus
  thank you for all information..
Wicaksono
  terima kasih di ijin kan untuk bergabung, semoga akan banyak memberikan manfaat terutama bertambahnya pertemanan . salam. sukses selalu untuk semuanya...
Fivil Ocwantianus
  we are the tugbarge agency, provide tugboat & barge ship charter, 230 - 300 feet, time charter/freight charter, commercial contact : wa/sms : 6281317018890, thetugbargeagency@yahoo.com...
  lihat komentar lain..
 
 


Setting Terbaik
I.E v6.x dan Firefox v1.5
1024 x 800

 
 
28 Sep 2015
  Segitiga Bermuda Indonesia Di Masalembo
27 Sep 2015
  Redaksi Indonesianship- Aktif Kembali
18 Mei 2015
  Prakiraan Cuaca Untuk Pelayaran
11 Mei 2015
  NEW PRIOK: 12.000 Tiang Pancang Terpasang
07 Mei 2015
  Jonan Luncurkan Pelayaran Tol Laut Pertama
04 Mei 2015
  Kapal Kargo Jelajahi Lautan Tanpa Awak
27 Apr 2015
  Upload Foto
20 Apr 2015
  Industri Galangan Kapal Polandia Siap Bangun Kemaritiman Indonesia
15 Apr 2015
  Harga Minyak Naik Moderat Setelah Minggu Lalu Menguat
10 Apr 2015
  Harga Minyak Dunia Rebound Dari Penurunan Curam
 
   
BERITA
21 Nop 2014
KAPAL RO-RO SOLUSI KEMACETAN PANTURA  

 Transportasi laut yang umum digunakan untuk mendistribusikan produk di Indonesia adalah kapal kargo umum, kapal kontainer, dan kapal roll on-roll off (ro-ro). Dari aspek mobilitas dan investasi uang, kapal ro-ro adalah pilihan terbaik.

“Dalam aspek mobilitas, kargo di kapal ro-ro dapat dipindahkan masuk dan keluar dari kapal itu sendiri, karena dibawa oleh truk. Metode ini benar-benar menghemat banyak waktu untuk kegiatan bongkar-muat,” ujar Iqbal, Ketua Bidang KajianTransportasi Maritim Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI), mengutip paper terbaik The 9th International Conference on Marine Technology (Martec) yang ditulis Aditya R. Prabowo dan Ahmad F. Zakki, berjudul ‘The Investigation of Roll on-Roll off Truck Carrier Hull Design for Route Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Perak Surabaya’.

Sementara di sisi lain, sambungnya, kargo umum dan kapal kontainer perlu lebih banyak waktu untuk melakukan bongkar-muat dari kapal, juga memuat ke truk yang akan mendistribusikan produk dari pelabuhan ke daerah lain.

“Dalam aspek investasi uang, kapal ro-ro adalah yang termurah dibandingkan dua pilihan lain, karena kapal ro-ro tidak perlu fasilitas pendukung, seperti gudang atau lapangan kontainer dan derek,” terang Iqbal.

Ia menjelaskan, Pulau Jawa merupakan pusat industri dan pemerintahan, dengan siklus industri yang berputar cepat. Pertumbuhan kendaraan mencapai titik 21 persen per tahun. Akibatnya, distribusi produk industri yang sebagian besar berbasis di Jakarta menuju pasar, terutama di wilayah Jawa, akan terus berlangsung.

“Sebagian besar, industri memilih moda transportasi darat untuk mengangkut produk melalui Pantura Road (Jalur Pantura). Akibatnya, volume kendaraan yang melewati Pantura begitu tinggi. Tak pelak, situasi ini menyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas, kerusakan jalan, dan kemacetan pun terjadi,” ucapnya.

Menurut Iqbal, kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh kerusakan jalan, dan menyebabkan kemacetan. Demikian pula kerusakan jalan yang disebabkan volume kuat dari kendaraan melintas serta dapat menyebabkan kecelakaan dan kemacetan lalulintas. Kemacetan adalah hasil dari kerusakan pada kendaraan.

“Jalan dan lalu-lintas seperti truk kontiner berkontribusi besar terhadap kerusakan jalan di Pantura Road. Ini akan terus berlanjut dan mengakibatkan kerugian material, seperti keterlambatan dalam distribusi produk dan naiknya biaya bahan bakar. Situasi ini akan menjadi kendala tersendiri bagi pelaku industri untuk mengembangkan usahanya,” tutur Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal memaparkan, distribusi produk industri harus dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan murah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan gagasan penanggulangan. Sebagai Negara Maritim, transportasi laut berpotensi menjadi solusi kemaceta Pantura karena tingginya volume kendaraan industri.

“Perlu adanya sebuah gagasan dan masukan bagi berbagai sektor untuk dapat memperhatikan potensi kemaritiman yang dimiliki oleh Indonesia, serta untuk mengurangi berbagai kecelakaan yang sering terjadi di Kawasan Pantura, karena Pantura merupakan salah satu wilayah yang rawan kecelakaan,” katanya.

Kapal ro-ro dapat menggantikan jalur truk Jakarta-Surabaya yang biasa menggunakan Jalur Pantura. Truk-truk tersebut berkekurangan, di antaranya waktu mencapai tujuan yang memakan waktu lama karena laju kecepatan truk lambat. Belum lagi kemacetan dan tambahan waktu supir untuk beristirahat. Jalur darat juga cenderung rawan kecelakaan lalu-lintas akibat sopir truk yang kurang fit, dikarenakan kurang istirahat.

Paper mendesain lima bentuk lambung kapal ro-ro pengangkut truk yang kemudian dipilih satu lambung terbaik. Kelima lambung kapal dibedakan berdasarkan nilai koefisien blok antara 0.48-0.51 dengan ukuran utama yang sama.

Pemilihan lambung terbaik dipilih berdasarkan hambatan kapal yang rendah, stabilitas, dan olah gerak kapal (seakeeping) yang bagus. Standar stabilitas yang digunakan adalah standar IMO A.749(18). Perhitungan seakeeping fokus pada Motion Sickness Incidence (MSI), slamming, dan deck wetness menggunakan standar Nordforks ’87.

Sumber Berita: Jurnal Maritim


     
 
 
 
27 Apr 2015
  CARGO FOR SCRAP
23 Apr 2015
  DIJUAL CEPAT KAPAL CONTAINER TH
22 Apr 2015
  TUGBARGE CHARTER OFFER
22 Apr 2015
  DIJUAL CONTAINER VESSEL TH 1985
22 Apr 2015
  DIJUAL TK 300
22 Apr 2015
  DIJUAT KAPAL MOTOR TANKER 1400 T
22 Apr 2015
  JUAL KAPAL MOTOR TANKER 1400T
18 Apr 2015
  CARS,TRAILER CARRIER‏ LOA 155 MR041815YR FOR SALE
17 Apr 2015
  SUPPLIER SOLAR HSD DAN MFO
15 Apr 2015
  DIJUAL TUGBOAT 1032 HP X 2 - BARU